Trade Online

5 Jenis metode trading

metode trading
5 Jenis metode trading 
Secara umum dalam melakukan perdagangan di pasar forex terdapat 5 jenis metode trading yang dapat kita gunakan. Yang masing-masing metode tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dan setiap metode trading tersebut harus kita sesuaikan dengan kemampuan dan kepribadian kita masing-masing sebagai trader.

Jika kita menggunakan metode trading yang tidak sesuai dengan kemampuan dan kepribadian kita, maka akan timbul konflik batin dalam diri kita, yang kemudian dapat merusak kegiatan trading kita secara keseluruhan. Memang ada sebagian trader yang mampu menggunakan seluruh metode trading tersebut, namun bagi trader pemula sebaiknya belajar untuk menguasai satu saja metode trading terlebih dahulu sampai benar-benar menguasainya sebelum mencoba metode trading yang lainnya. Berikut adalah,


5 jenis metode trading :


1=> Follow trend / mengikuti trend

Follow trend atau trend following adalah metode trading yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para trader. Secara umum para trend follower beranggapan bahwa trend itu cenderung untuk berlanjut, sehingga mereka akan selalu membuka posisi sesuai dengan arah trend yang sudah terbentuk. Bagi mereka tidak ada harga yang terlalu tinggi dan tidak ada harga yang terlalu rendah, harga bisa bergerak ke satu arah secara terus menerus.

Untuk mengikuti trend, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melihat pergerakkan harga di time frame yang lebih besar seperti D1(harian) atau lebih dan menentukan arah trend yang terjadi, lalu menganalisa di time frame yang lebih kecil seperti H4(4 jam) atau dibawahnya(H1, M30, M15, dst) dan menunggu peluang untuk melakukan transaksi perdagangan searah dengan trend D1(atau lebih). Jadi gunakanlah time frame yang lebih besar untuk menentukan arah trend, lalu tunggulah moment untuk melakukan transaksi di time frame yang lebih kecil untuk ikut trend.

Kelebihan menggunakan metode trend following adalah secara statistik probabilitas dalam meraih profit  lebih tinggi dibandingkan dengan metode lainnya, karena memang trend cenderung untuk berlanjut. Namun disisi lain metode trend following juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah : trend follower tidak bisa ‘menangkap’ trend baru lebih awal ketika terjadi perubahan trend, mereka dapat terjebak melakukan transaksi ditengah-tengah trend bahkan diakhir trend yang dapat meningkatkan resiko kerugian.

Untuk menutupi kekurangan metode ini, solusinya adalah dengan menggunakan money management yang baik dan batasi resiko kerugian kita, jangan lah melakukan trend following tanpa menggunakan stop loss karena trend bisa saja segera berubah arah.

2=> Counter trend / melawan trend

Counter trend adalah metode trading yang sering digunakan oleh para big boys dan trader kelas kakap. Metode ini adalah metode trading yang melawan arah trend secara umum dan melawan sentimen mayoritas trader lainnya. Para pengguna metode ini dikenal juga sebagai contrarian atau reversal hunter, bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai stop loss hunter. Para contrarian beranggapan bahwa gerakkan harga itu selalu bergerak secara zig zag, sebuah trend seperti halnya kehidupan ini tidak akan pernah abadi dan pasti akan terjadi perubahan trend. Mereka memiliki motto, beli dilembah dan jual dipucuk(buy low sell high).

Untuk melakukan counter trend, langkahnya tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh para trend follower, hanya saja para contrarian membuka posisi perdaganganya secara terbalik dan melawan arah trend. Tujuan mereka melakukannya adalah untuk ‘menangkap’ trend baru secara lebih awal.

Kelebihan menggunakan metode counter trend adalah kita dapat menangkap trend baru lebih awal dan mendapat reward yang sangat besar pada akhirnya. Namun metode ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya : para contrarian dapat terjebak melakukan transaksi terlalu cepat dan ternyata trend masih berlanjut sehingga mereka akan kehilangan uang, dan ketika dalam keadaan untung(floating in profit) mereka juga dapat terjebak untuk menutup posisi lebih awal padahal trend masih terus berlanjut.

Untuk menutupi kekurangan metode ini, solusinya adalah jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi dan tunggulah sampai harga sudah benar-benar terlihat ‘kelelahan’ , selalu gunakan money management yang baik, gunakan stop loss dan segera lakukan trailing saat posisi sudah dalam keadaan untung untuk mengantisipasi jika gerakkan harga ternyata kembali lagi.

3=> Breakout trading

Breakout trading adalah sebuah metode trading yang memanfaatkan momentum gerakkan harga tidak peduli trend sedang mengarah kemana, untuk meraih keuntungan secara cepat. Para pengguna metode ini sering disebut sebagai breaker atau trapper. Mereka tidak terlalu peduli dengan arah trend saat ini, mereka beranggapan bahwa kemanapun harga akan mengarah nantinya mereka tetap dapat ‘menjebaknya’ . Yang paling diharapkan oleh para breaker adalah terjadinya momentum ledakkan harga, yang biasanya disebabkan karena faktor fundamental atau berita, entah ledakan harga tersebut berefek sementara atau tidak.

Kelebihan menggunakan metode breakout adalah kita tidak perlu terlalu lama menunggu moment untuk melakukan transaksi trading karena biasanya para breaker cukup memasang pending order buy stop dan sell stop pada level harga yang diinginkan, dan seringkali para breaker dapat meraih keuntungan dengan cepat. Namun metode ini juga tidak luput dari kekurangan, metode ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya : ketika harga bergerak terlalu deras maka pending order yang dipasang sebelumnya bisa mengalami slippage semakin deras harga maka semakin besar pula slippage yang dapat dialami dan itu dapat meningkatkan resiko kerugian, selain itu ketika faktor fundamental kurang baik dan gerakkan harga menjadi tidak menentu para trapper dapat mengalami kerugian ganda karena gerakkan harga yang membentuk pattern doji.

Untuk menutupi kekurangan metode ini, solusinya adalah gunakanlah hanya satu pending order saja(sell stop atau buy stop) jangan memasang jebakkan di kedua arah , selalu gunakan money management yang baik, batasi kerugian dengan stop loss, hindari trading di pair yang sedang mengalami isu fundamental non-news(seperti : perang, masalah politik, wabah, bencana, dan semacamnya).

4=> Hedge trading

Hedge trading adalah metode trading yang beranggapan bahwa kemanapun arah harga nantinya bergerak, selama kita selalu membuka posisi trading maka kita akan meraih keuntungan. Para pengguna metode ini sering disebut sebagai hedger. Para hedger tidak peduli dengan trend apa yang sedang berlaku saat ini, bahkan sebagian dari mereka tidak peduli pada efek fundamental yang sedang terjadi. Mereka beranggapan bahwa faktor penentu untuk meraih keuntungan(profit) adalah seberapa besar modal yang dimiliki, yang modal tersebut menentukan seberapa besar total lot atau volume perdagangan yang bisa digunakan untuk dapat terus melakukan transaksi.

Ide sederhana dari metode ini adalah ketika kita mengalami floating minus, maka kita harus membuka transaksi yang berkebalikan dari transaksi sebelumnya dengan menambahkan lot untuk menutup kerugian dari posisi sebelumnya, dan penambahan lot tersebut disesuaikan dengan kekuatan modal yang kita miliki. Dengan terus melakukan hal tersebut para hedger yakin bahwa pada akhirnya mereka akan meraup keuntungan.

Kelebihan dari menggunakan metode ini adalah kita tidak perlu repot menganalisa arah trend dan tidak perlu memprediksi arah pergerakkan harga. Namun metode ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya : jika kita salah menentukan lot awal dan peningkatan lot maka kita bisa cepat kehabisan margin dan tidak bisa membuka transaksi perdagangan selanjutnya, kekurangan lainnya adalah ketika pasar mengalami keadaaan sideway berkepanjangan maka kita akan berakhir dengan keadaan kehabisan margin bahkan kebangkrutan.

Untuk menutupi kekurangan metode ini, solusinya adalah hitunglah dengan cermat penggunaan lot, selalu gunakan money management yang baik, jangan melakukan hedging saat market sedang lesu dan terjadi sideway berkepanjangan, ketika sudah dalam keadaan untung jangan tergoda untuk melakukan hold posisi terlalu lama karena bisa saja harga kembali dan itu dapat menguras margin kita, jangan melakukan hedge dengan jarak yang terlalu pendek.

5=> Blind trading

Seperti namanya, blind trading adalah metode trading secara buta, dalam artian metode ini tidak membutuhkan analisa sama sekali bahkan jika bisa tidak perlu melihat chart. Metode ini sebenarnya adalah metode sederhana dimana para penganutnya beranggapan bahwa : yang terpenting dari kegiatan investasi dan perdagangan adalah perhitungan rasio risk dan reward nya. Mau kemanapun harga bergerak yang terpenting adalah menentukan batasan kerugian yang sanggup ditanggung dan menentukan besarnya keuntungan yang diinginkan. Probabilitas adalah faktor utama dari metode ini. Bagi para penganut blind trading, prinsip “dengan modal sekecil-kecilnya mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya” adalah motto utama. Jika mereka mengalami kerugian diperdagangan sebelumnya maka mereka bisa saja melipat gandakan lot/volume di perdagangan selanjutnya, sesuai dengan money management yang mereka terapkan masing-masing.

Kelebihan dari menggunakan metode ini adalah kita tidak akan kesulitan menganalisa harga, tidak terpaku pada time frame tertentu, dan tidak terikat secara emosional dengan platform perdagangan. Namun kekurangan dari menggunakan metode ini adalah : kita cenderung akan dianggap seperti melakukan gambling walaupun mungkin sebenarnya tidak dan benar-benar murni dagang seperti layaknya kegiatan perdagangan lainnya yang ada potensi untung-ruginya, membutuhkan kedisiplinan money management yang tinggi, kesalahan sedikit saja dalam pengelolaan risk-reward dapat berakhir dengan kebangkrutan.

Untuk menutupi kekurangan metode ini, solusinya adalah hitunglah dengan cermat penggunaan lot, selalu gunakan money management yang baik, aturlah rasio risk:reward yang masuk akal, jika sudah untung maka kembalilah menggunakan lot awal.


Demikianlah pembahasan tentang 5 jenis metode trading, yang digunakan secara umum oleh trader forex. Gunakanlah metode trading yang paling sesuai dengan karakter dan kepribadian kita, sehingga kita akan merasa nyaman setiap melakukan kegiatan trading. Jika kita nyaman dalam melakukan sesuatu maka kita dapat menjadi lebih fokus dan produktif serta jauh dari stress. Semoga artikel tentang 5 jenis metode trading ini bermanfaat.


Previous
Next Post »

15 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
27/1/16 15:19 ×

Strategi trading yang tepat akan membuat kita bisa mendapatkan profit yang optimal dan sekarang ini penggunaan strategi support resistence masih sangat efektif untuk memperoleh data yang stabil dalam bisnis forex ini saat melakukan trading di broker octafx

Reply
avatar
Unknown
admin
5/4/16 12:16 ×

Dapatkan $123 di dalam akun bonus Anda

Total bonus sebesar $123
Bonus bisa dipakai untuk trading selama 7 hari kerja dari bonus masuk ke akun
Profit Anda tidak terbatas
Anda bisa dapat bonus tanpa butuh verifikasi dan notifikasi

Tertarik ... ? coba ikuti link ini

Wujudkan Impian Bersama FBS

Sekarang FBS bukan hanya menjadi broker untuk pasar Forex, namun FBS juga akan menjadi broker yang bisa memenuhi semua mimpi-mimpi Anda! Kami sangat senang dan bangga bila bisa memenuhi satu persatu mimpi Anda, oleh sebab itu sekarang kami memutuskan untuk mewujudkan satu mimpi Anda setiap bulannya! Ini bukan keajaiban, namun ini merupakan promosi terbaru dari FBS yang bernama “FBS mewujudkan impian”. Promosi ini menjadi promosi yang pertama dan terunik di dalam dunia Forex! Mulai sekarang setiap bulannya FBS akan mewujudkan satu mimpi dari pemenang promosi “FBS mewujudkan impian”.

Promosi terbaru dari FBS sudah dimulai! Cepatlah bagikan mimpi Anda kepada FBS! Yang perlu Anda lakukan hanya menuliskan mimpi Anda di “FBS grup” di Facebook, dan pastikan postingan Anda mendapat like yang terbanyak!

Namun ada beberapa mimpi yang tidak masuk dalam kategori promosi yaitu: uang dalam bentuk apapun, mimpi yang tidak bisa dibuat menjadi kenyataan, dan juga mimpi yang bila menjadi kenyataan akan melawan hukum yang berlaku. Silahkan cek syarat dan ketentuan dari promosi “FBS mewujudkan impian” di bagian “Promosi dan Bonus” di Personal Area!

Bagikan mimpi Anda yang kreatif, unik, dan berani kepada FBS! Satu mimpi yang dinilai paling kreatif oleh pihak FBS akan memenangkan hadiah yaitu FBS mewujudkan mimpi Anda!

Daftarkan diri Anda dalam promosi “FBS mewujudkan impian”

Inilah saatnya Anda untuk beraksi dan membuat mimpi Anda menjadi kenyataan! Lebih dari 1 juta trader sudah mendapat keuntungan dari trading di FBS, dan kami sudah mewujudkan impian mereka. Buatlah mimpi Anda menjadi kenyataan juga!

Reply
avatar
Unknown
admin
24/9/16 13:05 ×

trading dengan mengikuti trend tentu saja lebih menguntungkan karena kita bisa memanmfaatkan indikaotor secara maksimal, apalagi sekarang ini dengan memanfaatkan mt5 di octafx maka dalam menempatkan indikator yang terpercaya dan tidak repaint bisa kita lakukan dengan baik

Reply
avatar
Trade.berry
admin
4/4/17 16:11 ×

Tradeing itu harus dengan mempunyai metode atau persiapanm lebih keapada kita menjalankan trading dengan baik itu harus dengan jalankan selalu belajar dijalankan, selalu dengan keberhasilan diforex akan terbayangkan, dan di Trade.berry yang telah ada di sediakan akun demo dengan platform trading with a face sehingga mudah untuk trader bisa berbagai informasi atau analisa dengan trader lain

Reply
avatar
Unknown
admin
24/7/17 18:13 ×

berlatih dan terus meningkatikan pemahaman kita merupakan hal yang baik untuk selalu kiyta lakukan, karena dengana gitu kita bisa makin faham dengan forex trading ini gan, namun kita juga harus selalu up to date mengikuti trend yang sedang berkembang

Reply
avatar
Firma
admin
21/8/17 13:47 ×

Untuk jalankan trading pastinya trader mempunyai gaya tersendiri untuk jalankan tradingnya yang di sukai masing masing. Dan trader yang baru sebaiknya untuk selalu lakukan dalam belajar maksimalkan kemampuan trading yang baik. broker gainscopefx adalah broker terbaik dengan tersedia fasilitas dengan terbaik dangan saya bisa nyaman pada aktifitas tradingnya. Selain itu juga broker gainscopefx ini adalah broker yang terbaik dengan teregulasi resmi seperti MiFID , FCA UK , MFSA, sehingga tentunya akan lebih aman.

Reply
avatar
alitergalen
admin
28/9/17 12:48 ×

To run trading is a lot of ways that can be run, and yet that will be good we are always learning on the run for us to make it easier for the course of this forex trading. Successful traders need talent and intelligence to survive in the CFD market. FXB Trading gives all traders the necessary educational documents so they can learn and control their trades.

Reply
avatar
bane
admin
1/10/17 10:46 ×

Memang tidak mudah, tetapi jika dipelajari dengan baik, maka kita akan bisa melakukan trading dengan baik juga, selain itu kita harus meningkatkan kemampuan trading yang kita miliki agar trading yang kita lakukan semakin berkualitas

Reply
avatar
Unknown
admin
2/10/17 19:40 ×

ya anda benar sekali. jika seorang trader mempelajari trading dengan baik maka skill & kemampuan tradingnya pun semakin meningkat. maka dari itu saya sarankan untuk belajar trading di akun demo FXB Trading agar kita dapat banyak belajar.

Reply
avatar
Edwardfx
admin
9/10/17 20:03 ×

Trading forex saat ini cukup populer karena banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari melakukan trading forex. dengan hanya menggunakan modal $50 saja saya sudah bisa melakukan trading forex di circlemarkets

Reply
avatar
Unknown
admin
1/3/18 14:27 ×

The mt4-webtrader provides instant online access to the global financial markets, and allows you to trade from any computer, operating system or browser. No download is needed. Just sign into your account through the browser of your choice.

Reply
avatar
Unknown
admin
1/3/18 20:25 ×

Apapun cara tradingnya, sebaiknya dilatih dulu dengan menggunakan akun demo trading seperti yang telah disediakan oleh Gainscopefx.com. Tujuannya supaya kita bisa benar-benar siap ketika akan trading dengan akun real nantinya. Dengan catatan tentunya kita trading di akun real ketika sudah bisa menjalankan kegiatan demo trading kita dengan baik.

Reply
avatar
Unknown
admin
17/10/18 12:05 ×


Tetaplah cerdas dan gigih dalam perjalanan menuju tujuan Anda!

Masalah seharusnya tidak memaksa Anda untuk berhenti dari tujuan Anda atau bahkan menurunkannya.

Unichange.me! dapat melayani Anda sebagai menara kekuatan yang selalu menyediakan Anda dengan cadangan e-currency yang diperlukan untuk kemajuan Anda.

Tentukan pilihan Anda, coba opsi dan tetap setia pada tujuan utama Anda!

Reply
avatar
4/11/19 19:12 ×

Penting juga untuk melakukan simulasi pada demo akun pada setiap type akun.
untuk mengetahui perbedaan kinerja laverage pada setiap type akun. dan jika ada trader yang ingin bebas dari swap,,
Dapatkan akun bebas swap yang sesuai dengan hukum Syariah di tickmill

Reply
avatar
8/3/20 09:06 ×

Trader sebaiknya memiliki rencana atau sistem trading, sehingga tahu kapan masuk dan keluar pasar. Akibatnya trader tersebut tidak bingung, dan tidak mudah diombang-ambingkan pasar. Ia memiliki keyakinan pada diri sendiri. Sistem trading yang dimiliki harus komplet, mulai dari teknik analisis, manajemen uang dan risiko..

Reply
avatar
Thanks for your comment