Trade Online

Apa bedanya Harami dengan Inside bar(Difference between Harami and Inside bar)

harami vs inside bar
Harami VS Inside bar 
Apakah anda bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara pola candle Harami dengan Inside bar ? Jika kita mencari tahu tentang perbedaan diantara keduanya dari berbagai sumber, pasti kita akan menemukan jawaban yang berbeda-beda, malah seringkali jawaban-jawaban yang kita dapat menjadi saling kontradiktif satu sama lain. Mengapa demikian ? Karena Harami dan Inside bar sebenarnya muncul dari persepsi yang berbeda namun pada akhirnya sering dikaitkan sehingga terkesan campur aduk.

Perbedaan Harami dan Inside bar :


Harami

Adalah istilah yang muncul dari analisa pola dengan menggunakan Candlestick chart. Harami dalam bahasa jepang berarti ‘hamil’. Harami merupakan pola candle dimana candle pertama memiliki real body lebih panjang dari candle kedua, dan real body candle kedua terletak didalam area real body candle pertama. Adapun jika shadow candle kedua melebihi shadow candle pertama itu tidak menjadi masalah, selama real body candle kedua TETAP berada di dalam area real body candle pertama. Tetapi beberapa orang menilai bahwa Harami cukup valid jika real body dan juga shadow candle kedua berada dalam area shadow candle pertama, tidak masalah jika real body candle kedua sedikit keluar dari area real body candle pertama. Saya sendiri membagi Harami dalam beberapa grade.
harami candle grade
Harami Grade

Harami grade S adalah Harami yang terbentuk dari dua candle tanpa ekor, dan real body candle kedua ada didalam area real body candle pertama. Harami grade A adalah Harami yang terbentuk dari candle ber-shadow namun baik shadow maupun real body candle kedua tetap berada didalam area real body candle pertama. Harami grade B adalah Harami yang candle keduanya memiliki shadow yang melebihi shadow candle pertama namun real body candle kedua tetap berada didalam area real body candle pertama. Harami grade C adalah Harami yang candle keduanya memiliki shadow panjang namun tetap berada didalam area shadow candle pertama walaupun sebagian real body candle kedua sedikit keluar dari area real body candle pertama. Sesuai gradenya, semakin tinggi grade Harami maka semakin baik untuk dijadikan dasar analisa.

Inside bar

Adalah istilah yang muncul dari analisa pola dengan menggunakan Bar chart. Inside bar secara bahasa berarti ‘garis didalam’. Inside bar adalah bentuk pola bar dimana bar pertama memiliki range yang lebih besar dibandingkan bar kedua, dan bar kedua berada didalam area bar pertama. Jika salah satu kondisi tidak terpenuhi maka dapat dipastikan pola tersebut tidak valid.
inside bar pattern
Inside Bar


Nah sebenarnya keduanya berbeda bukan ? Tetapi karena penggunaan Candlestick chart jauh lebih popular dibandingkan dengan penggunaan Bar chart, sering kali orang berusaha melihat pola Inside bar namun menggunakan Candlestick chart, seiring waktu akhirnya terjadi bias dan kerancuan seolah-olah Harami itu sama dengan Inside bar, padahal sebenarnya berbeda. Yang menjadi perbedaan utama adalah Harami menekankan pada real body, sedangkan Inside bar menekankan pada range atau shadow atas dan bawah. Jadi posisi harga open dan close tidak menjadi masalah pada Inside bar, selama candle kedua berada didalam area range candle pertama ia akan dianggap sebagai Inside bar.

Demikianlah pembahasan tentang : Apa bedanya Harami dengan Inside bar(Difference between Harami and Inside bar). Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
kazev
admin
5/10/16 14:22 ×

baru tau juga komsep seperti ini karena memang selama ini dalam trading di octafx jarang memanfaatkan bar chart karena lebih enjoy dengan menggunakan candletick. apalagi hal ini akan semakin baik kondisinya ketika memanfaatkan platform mt5

Reply
avatar
Unknown
admin
24/3/18 02:16 ×

Konsep yang sangat menarik sekali gan, akan saya coba dengan akun demo dulu. Soalnya saya bisa menguji hal baru yang akan saya gunakan untuk trading dengan akun real, dimana dengan melakukan itu saya bisa lebih mengetahui kepantasan suatu konsep untuk saya gunakan trading dengan akun real di Gainscopefx.com.

Reply
avatar
Thanks for your comment