Trade Online

Pola tiga candle(Triple Candlestick Pattern)

triple candlestick pattern
Pola tiga candle 
Sebelumnya telah dibahas tentang Pola satu candle dan Pola dua candle, kali ini saya akan coba membahas tentang Pola tiga candle(Triple Candlestick Pattern) yang juga sering digunakan oleh para trader tehnikal(chartist) untuk menganalisa gerakkan harga dan memprediksi kemana arah harga dimasa depan. Akurasi dari analisa pola tiga candle tentunya jauh lebih tinggi dari pola candle sebelumnya, dan pola tiga candle juga lebih jarang muncul.

Secara umum pola tiga candle dapat dikelompokkan kedalam 3 jenis pola yaitu : pola star(bintang), pola beruntun, dan pola inside. Berikut adalah penjelasan tentang


Pola tiga candle(Triple Candlestick Pattern)


1=> Pola star

       Morning star(bintang kejora)

Pola morning star adalah pola yang terjadi saat downtrend dan menjadi indikasi bahwa trend akan mengalami reversal dan berubah menjadi uptrend. Seperti namanya, pola ini bagaikan bintang kejora yang terbit dipagi hari yang cerah.
pola candle bintang kejora
Morning star
Kondisi pola morning star dianggap valid jika :
Candle pertama adalah candle bearish yang memiliki real body memadai(tidak kecil), candle kedua adalah candle yang memiliki real body kecil(bisa berupa candle spinning maupun doji) dan warna candle tidak menjadi masalah, candle ketiga merupakan candle bullish yang harga penutupannya melebihi separuh real body candle pertama.

       Evening star(bintang malam)

Pola evening star adalah pola yang terjadi saat uptrend dan menjadi indikasi bahwa trend akan mengalami reversal dan berubah menjadi downtrend. Seperti namanya, pola ini bagaikan bintang dimalam hari yang akan menaungi sepanjang malam.
pola candle bintang malam
Evening star
Kondisi pola evening star dianggap valid jika :
Candle pertama adalah candle bullish yang memiliki real body memadai(tidak kecil), candle kedua adalah candle yang memiliki real body kecil(bisa berupa candle spinning maupun doji) dan warna candle tidak menjadi masalah, candle ketiga merupakan candle bearish yang harga penutupannya melebihi separuh real body candle pertama.

2=> Pola beruntun

       Three white soldiers(tiga tentara putih)

Pola three white soldiers adalah pola yang terjadi saat downtrend dan menjadi indikasi bahwa trend akan mengalami reversal dan berubah menjadi uptrend. Seperti namanya, pola ini bagaikan tiga tentara yang maju bersama untuk melakukan perlawanan terhadap penindasan.

pola candle tiga tentara
Three white soldiers
Kondisi pola three white soldiers dianggap valid jika :
Ketiga candle adalah candle bullish, harga penutupan candle pertama merupakan harga pembukaan candle kedua dan harga penutupan candle kedua merupakan harga pembukaan candle ketiga, dan lebih baik lagi jika real body candle ketiga lebih besar dari real body candle kedua dan real body candle kedua lebih besar dari real body candle pertama.

       Three black crows(tiga gagak hitam)

Pola three black crows adalah pola yang terjadi saat uptrend dan menjadi indikasi bahwa trend akan mengalami reversal dan berubah menjadi downtrend. Seperti namanya, pola ini bagaikan tiga burung gagak yang menukik tajam dari angkasa untuk menyerang mangsanya.
pola candle tiga gagak hitam
Three black crows

Kondisi pola three black crows dianggap valid jika :
Ketiga candle adalah candle bearish, harga penutupan candle pertama merupakan harga pembukaan candle kedua dan harga penutupan candle kedua merupakan harga pembukaan candle ketiga, dan lebih baik lagi jika real body candle ketiga lebih besar dari real body candle kedua dan real body candle kedua lebih besar dari real body candle pertama.

3=> Pola inside

       Three inside up

Pola inside up adalah pola yang terjadi saat downtrend dan menjadi indikasi bahwa trend akan mengalami reversal dan berubah menjadi uptrend. Sebenarnya pola ini adalah pola bullish Harami yang mendapat konfirmasi tambahan yang lebih kuat.
pola candle three inside up
Three inside up

Kondisi pola three inside up dianggap valid jika :
Candle pertama dan candle kedua merupakan pola bullish harami yang valid, harga penutupan candle kedua merupakan harga pembukaan candle ketiga, harga penutupan candle ketiga melebihi harga tertinggi candle pertama.

       Three inside down

Pola inside down adalah pola yang terjadi saat uptrend dan menjadi indikasi bahwa trend akan mengalami reversal dan berubah menjadi downtrend. Sebenarnya pola ini adalah pola bearish Harami yang mendapat konfirmasi tambahan yang lebih kuat.
pola candle three inside down
Three inside down

Kondisi pola three inside down dianggap valid jika :
Candle pertama dan candle kedua merupakan pola bearish harami yang valid, harga penutupan candle kedua merupakan harga pembukaan candle ketiga, harga penutupan candle ketiga melebihi harga terendah candle pertama.

Demikianlah pembahasan tentang pola tiga candle. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
jeans jeprut
admin
24/7/17 10:45 ×

cara ini akan bisa menghasilakan profit sehingga harus banyak praktek agar benar benar memahami perubahan dari candle ini secara benar, dengan cara ini maka lama kelamaan instusinya bisa terbentuk juga candle ini dalam trading di octafx telah dipakai sejak awal belajar trading

Reply
avatar
iweng0303
admin
11/1/18 21:58 ×

Pola atau tampilan candlestick ini memang sangat bermanfaat sekali gan, bisa menjadi salah satu pertimbangan kita dalam menjalankan kegiatan trading kita untuk mengambil posisi yang tepat agar dapat memperoleh profit. Untuk saya tampilan candlestick ini sedikitnya membantu saya untuk dapat memprediksi pergerakan pasar dengan lebih akurat berkat pemakaiannya yang baik dikombinasikan dengan indikator yang saya gunakan pada saat trading di Gainscopefx.com.

Reply
avatar
8/3/20 09:10 ×

Sekalipun Anda menggunakan pending order lengkap dengan level stop dan exit, sebaiknya Anda tetap memonitor posisi trading yang Anda harapkan. Sebagai trader sebaiknya Anda sering memonitor pergerakan harga pasar.

Reply
avatar
Thanks for your comment