Trade Online

Pola dua candle(Dual Candlestick Patterns)

dual candlestick pattern
Pola dua candle 
Atau dual candlestick pattern adalah pola candle yang paling sering digunakan oleh para trader dalam menganalisa arah pergerakkan trend kedepannya. Seperti namanya, pola ini membutuhkan dua buah candle sebagai bahan analisa. Tingkat akurasi yang dihasilkan dari pola ini jauh lebih tinggi dari pada pola satu candle.

Secara umum pola dua candle(dual candlestick patterns) dibagi menjadi 4 golongan yaitu Engulfing, Harami, Tweezer, dan Piercing. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing pola tersebut :


Engulfing

Secara arti kata Engulf berarti ‘menelan’ , candle Engulfing adalah candle yang ‘menelan’ candle sebelumnya. Maksudnya adalah real body dari candle pertama kalah besar dari real body candle kedua. Pola tersebut menandakan bahwa kekuatan reversal sedang dibangun dan pergantian trend akan segera terjadi. Ada dua jenis candle Engulfing yaitu bearish Engulfing dan bullish Engulfing.

Bearish Engulfing
adalah pola dua candle, dimana candle pertama yang berbentuk candle bull ‘dimakan’ oleh candle kedua yang berbentuk candle bear. Pola ini biasanya terjadi pada saat up trend, dan pola bearish Engulfing menjadi tanda bahwa trend akan berubah menjadi down trend. Awalnya candle kedua dibuka dengan gap up yang cukup signifikan, yaitu harga openingnya berada jauh diatas close price dari candle pertama, lalu harga penutupannya berada jauh dibawah open price dari candle pertama.
engulfing candlestick pattern
Bearish Engulfing

Bullish Engulfing
adalah pola dua candle, dimana candle pertama yang berbentuk candle bear ‘dimakan’ oleh candle kedua yang berbentuk candle bull. Pola ini biasanya terjadi pada saat down trend, dan pola bullish Engulfing menjadi tanda bahwa trend akan berubah menjadi up trend. Awalnya candle kedua dibuka dengan gap down yang cukup signifikan, yaitu harga openingnya berada jauh dibawah close price dari candle pertama, lalu harga penutupannya berada jauh diatas open price dari candle pertama.
engulfing candlestick pattern
Bullish Engulfing

Pola Engulfing diangap valid jika real body candle kedua lebih panjang dari real body pertama, dan real body candle pertama ada dalam area real bcy candle kedua.


Harami

Secara arti kata Harami berarti ‘hamil’ , candle Harami adalah candle yang bentuknya seperti seorang ibu hamil. Maksudnya adalah real body dari candle pertama jauh lebih panjang dari pada real body candle kedua. Pola tersebut menandakan bahwa kekuatan reversal sedang dibangun dan pergantian trend akan segera terjadi. Ada dua jenis candle Harami yaitu bearish Harami dan bullish Harami.

Bearish Harami
adalah pola dua candle, dimana candle pertama yang berbentuk candle bull memiliki real body yang lebih panjang dari candle kedua yang berbentuk candle bear. Pola ini biasanya terjadi pada saat up trend, dan pola bearish Harami menjadi tanda bahwa trend akan berubah menjadi down trend. Awalnya candle kedua dibuka dengan gap down namun masih berada dalam area real body dari candle pertama, harga penutupannya juga masih berada dalam area real body candle pertama, dan candle kedua ditutup sebagai candle bear.
harami candlestick pattern
Bearish Harami

Bullish Harami
adalah pola dua candle, dimana candle pertama yang berbentuk candle bear memiliki real body yang lebih panjang dari candle kedua yang berbentuk candle bull. Pola ini biasanya terjadi pada saat down trend, dan pola bullish Harami menjadi tanda bahwa trend akan berubah menjadi up trend. Awalnya candle kedua dibuka dengan gap up namun masih berada dalam area real body dari candle pertama, harga penutupannya juga masih berada dalam area real body candle pertama, dan candle kedua ditutup sebagai candle bull.
harami candlestick pattern
Bullish Harami

Pola Harami dianggap valid jika real body dari candle kedua lebih pendek dari real body candle pertama dan candle kedua berada pada area real body candle pertama.


Tweezer

Secara arti kata Tweezer berarti ‘penjepit’ atau ‘capit’ , disebut demikian karena bentuknya yang seperti penjepit kue atau capit kepiting. Terdapat dua jenis Tweezer yaitu Tweezer top dan Tweezer bottom, keduanya termasuk pola yang sangat jarang muncul.

Tweezer top
terjadi pada saat uptrend, bentuknya sangat mudah dikenali yaitu seperti pola Shooting Star tapi muncul 2 kali berturut-turut. Kemunculan pola Tweezer top menjadi indikasi bahwa trend akan segera berubah dari bullish menjadi bearish, umumnya ketika muncul pola ini orang tidak akan menunggu konfirmasi lebih lanjut karena besarnya probabilitas dan akurasi yang dihasilkan oleh pola ini.
tweezer candlestick pattern
Tweezer Top

Tweezer bottom
terjadi pada saat down trend, bentuknya sangat mudah dikenali yaitu seperti pola Hammer tapi muncul 2 kali berturut-turut. Kemunculan pola Tweezer bottom menjadi indikasi bahwa trend akan segera berubah dari bearish menjadi bullish, umumnya ketika muncul pola ini orang tidak akan menunggu konfirmasi lebih lanjut karena besarnya probabilitas dan akurasi yang dihasilkan oleh pola ini.
tweezer candlestick pattern
Tweezer Bottom

Pola Tweezer dianggap valid jika Close Price dari candle pertama menjadi Open Price dari candle kedua. Sedangkan perbedaan panjang shadow dan panjang real body dari masing-masing candle tidak menjadi masalah.


Piercing

Piercing secara arti kata berarti ‘menusuk’ atau ‘menjebol’ , disebut demikian karena sifatnya yang menusuk atau menjebol candle sebelumnya. Terdapat dua jenis pola Piercing, yaitu Piercing Line dan Dark Cloud Cover.

Piercing Line(atau bisa disebut Piercing Up)
terjadi pada saat down trend, candle pertama merupakan candle bear dan candle kedua merupakan candle bull. Harga pembukaan(Open Price) candle kedua merupakan sebuah gap turun yang pada akhirnya gap tersebut tertutup bahkan melebihi 50% dari real body candle pertama.
piercing candlestick pattern
Piercing Up

Dark Cloud Cover(atau biasa disebut Piercing Down)
terjadi pada saat up trend, candle pertama merupakan candle bull dan candle kedua merupakan candle bear. Harga pembukaan(Open Price) candle kedua merupakan sebuah gap naik yang pada akhirnya gap tersebut tertutup bahkan melebihi 50% dari real body candle pertama.
piercing candlestick pattern
Piercing Down

Pola Piercing dianggap valid jika real body candle kedua menembus lebih dari 50% panjang real body candle pertama.


Demikianlah pembahasan tentang : Pola dua candle(Dual Candlestick Patterns) , semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
jeans jeprut
admin
24/7/17 10:52 ×

selain dengan melihat candle tadi maka bisa dibantu juga dengan menggunakan SR sehingga akan memudahkan dalam melihat mana bata atas dan batas bahwah. hal ini memberi kesempatan bagi trader untuk lebih yakin dalam Op , usaha ini dilakukan di octafx dengan long term

Reply
avatar
iweng0303
admin
11/1/18 21:58 ×

Pola atau tampilan candlestick ini memang sangat bermanfaat sekali gan, bisa menjadi salah satu pertimbangan kita dalam menjalankan kegiatan trading kita untuk mengambil posisi yang tepat agar dapat memperoleh profit. Untuk saya tampilan candlestick ini sedikitnya membantu saya untuk dapat memprediksi pergerakan pasar dengan lebih akurat berkat pemakaiannya yang baik dikombinasikan dengan indikator yang saya gunakan pada saat trading di Gainscopefx.com.

Reply
avatar
4/11/19 22:11 ×

Penting juga untuk melakukan simulasi pada demo akun pada setiap type akun.
untuk mengetahui perbedaan kinerja laverage pada setiap type akun. dan jika ada trader yang ingin bebas dari swap,,
Dapatkan akun bebas swap yang sesuai dengan hukum Syariah di tickmill

Reply
avatar
8/3/20 09:09 ×

Banyak trader menyepelekan aspek psikologi dalam trading. Padahal emosi yang tidak terjaga bisa menghancurkan kinerja trading. Emosi keserakahan dan ketakutan sangat mempengaruhi kinerja trading. Banyak kasus trading yang semula mulus, akhirnya berakhir berantakan karena faktor emosi.

Reply
avatar
Thanks for your comment