Trade Online

Urusan nanti ya nanti....

http://enjoy-to-trade.blogspot.com/
Urusan nanti ya nanti
Rate turun atau naik, bagi negara yang sektor riil(khususnya eksport) dan sektor investasi nya relatif imbang, tidak menjadi persoalan, hanya sebuah siklus saja.

Ketika rate mata uang mereka turun maka akan menciptakan suatu kondisi menguntungkan bagi sektor riil mereka, harga produk eksport mereka akan sangat bersaing dibanding negara kompetitor, sehingga potensi untuk mendulang devisa asing akan meningkat.

Sebaliknya ketika rate mata uang mereka naik maka akan menciptakan suatu kondisi menguntungkan bagi sektor investasi/permodalan mereka, khususnya dalam berinvestasi di negara lain, karena dengan rate yang tinggi maka para investor dapat membeli lebih banyak saham asing, bond, dan surat2 berharga lainnya yang ujung-ujungnya sama yaitu menyedot devisa asing melalui yield surat-surat berharga tsb.

Yang jadi masalah jika negara super konsumtif yang 'jablay' impor, rate mata uangnya turun, padahal sektor ekspornya saja masih 'newbie' , sedangkan para 'big boys lokal' nya hobi parkir uang di negara tetangga plus hasil panennya pun diparkir disana, lalu yang terjadi adalah gali lubang tutup lubang, jual saja apa yang ada, mentah pun jadi yang penting cepat, urusan nanti ya nanti.
............................................................................
Ngomong opo......
EGP

http://enjoy-to-trade.blogspot.com
sedihnya

Previous
Next Post »
Thanks for your comment